Cara Perkawinan & Penetasan Kenari

Sebagai langkah pertama untuk memulai mengawinkan burung adalah memeriksa paruh dan kaki burung, kuku perlu dipotong pendek dalam ukuran wajar. Ini penting sekali dalam proses pembuahan nantinya untuk merangsang agar kenari itu dapat melakukan pembiakan bisa diletakan beberapa telur telur kosong pada sangkar tempat bertelurnya, maksud telur kosong disini yaitu telur kenari yang ngak bisa dibuahi jadi cuma berupa telur.

Agar suatu perkawinan berhasil, burung kenari betina haruslah menemukan burung kenani jantan jodohnya, untuk kemudiari membuat sarang, bertelur, mengeram dan memberir makan anak-anaknya. Keadaan itu ternyata mempunyai sangkut paut dengan perubahan faal tubuh (fisiologi) tingkah laku burung. Perubahan itu akan mengikuti suatu pola yang berjalan secara teratur, baik mengenai waktunya maupun mengenai urut-urutannya. Perubahan itu muncul karena adanya rangsangan dan luar, misalnya sinar matahari. Dengan perkataan lain, di samping pengaruh sinar matahari (yang dapat merubah faal tubuh) maka tingkah percumbuan (dan rayuan sampai nyanyian) burung kenari jantan dapat memberikan rangsangan-rangsangan tertentu, yang dapat menimbulkan perubahan jasmani burung.
Perkawinan dan pembuatan sarang juga mampu menimbulkan perubahan-perubahan lain. Akhirnya para ahli menyimpulkan bahwa suatu perubahan besar dapat terjadi dalam diri burung kenari betina, yaitu suatu kekuatan yang datang dan luar tubuh dapat merubah keseimbangan kekuatan yang ada di dalam tubuh. Dapat juga dikatakan suatu rangsangan yang kuat dan luar mampu rnenimbulkan perubahan di dalam tubuh burung kenari betina. Nilai luar biasa bagi pasangan yang disebutkan itu men jadi semakin jelas karena burung kenari hanya mampu menghasilkan anak dalam jumlah yang relatif kecil, yaitu rata-rata 2 ekor sekali pengeraman. Walaupun demikian ada pasangan yang mampu memelihara anak sampai 5—6 ekor.

Burung-burung kenari yang mengeram tentulah menghendaki ketenangan. Ketenangan ini dapat diartikan tempatnya yang tenang, atau burung ini merasa tidak terganggu. Kesibukan orang-orang di sekelilingnya ternyata tidak mengganggu burung yang mengeram, bahkan ada sepasang (pasangan yang baik) yang berketerusan menghasilkan keturunan. Di hadapan orang yang mengobrol burung ini kawin dan mengeram dengan tenang. Sudah tentu beternak burung kenari dalam jumlah besar akan lain keadaannya. Ruangan sisi rumah yang ditutup dengan kawat (agar tikus dan binatang lain tak masuk) dan di tempat seluas 3 x 8 meter itulah deretan dan tumpukan sangkar ditempatkan, dan orang hanya memasuki wilayah itu hanya pada waktu berurusan dengan burung-burung itu saja.

Dari apa yang telah dikemukakan itu kita mengetahui bahwa mengawinkan burung kenari dapat dikatakan mudah, tetapi untuk beternaknya tergolong sukar.
Mengingat adanya beberapa hal yang harus diperhatikan dan adanya kenyataan watak pasangan yang tidak selalu serasi.
Tetapi kalau semuanya berjalan baik, kesukaran-kesukaran yang muncul bisa dihindari…….selamat mencoba ?

http://kenariku.tripod.com/html/perkawinan.html

97 thoughts on “Cara Perkawinan & Penetasan Kenari

  1. Salam kenal mas..hidup kenari

  2. mas gimana caranya menkawinkan kenari?
    dan membuat sarang kenari.
    trims ya mas

    • Om Dimas,Pastikan antara jantan dan betina jodoh dulu,ditandai dengan
      1. pada saat jantan didekatkan dengan betina sijantan akan mengejar/menabrak sangkar dengan bunyi yang kenceng dan betinanya menggelepar-geleparkan sayapnya tanda minta kawin.
      2. Pada saat sore hari atau menjelang tidur kenari betina dan jantan tidur berdekatan.
      3. Sewaktu-waktu antara kenari betina dan jantan saling meloloh makanan.
      4. Jika didalam sangkar betina di dikasih sarang beserta isinya, kenari betina akan menyusun atau merapihkan isi sarang, jika isi sarang sudah disusun biasanya betina siap ternak.
      Selamat mencoba..Salam cuit..cuit..

  3. Mas penetasan telur kenari sebenarnya berapa lama c?!,,,,,

  4. Salam kenal
    mu tanya mas,biasanya pemberian sarang dan serabutnya setelah gmn? biasa ga di kasih langsung setelah betina dan jantan terlihat berciuman.thnks

    • Om Vinno..Memberi bahan sarang dalam sangkar itu bisa diberikan sejak masa perjodohan. itu akan memudahkan kita untuk mengecek betina yang siap dikawinkan. Kelakuannya hampir menyerupai sang jantan, mereka akan terlihat sibuk dan sering melakukan panggilan kepada kenari jantan. Jika peternak memberikan bahan sarang dalam sangkar, kenari betina akan mengambil bahan tersebut dengan paruhnya dan akan mencoba membuat sarang. Jika kenari betina terlihat tidak membuat sarang, kenari ini jangan dijodohkan. atau bisa juga kita memberikan bahan sarangnya pada masa2 kenari itu sudah kawin. smg bermanfaat…

  5. mau tnya ne……
    perawatan anakan kenari ……
    g mna sih……..
    n susah gk…….?

  6. Pak mohon petunjuknya ya, untuk perawatan kenari yang sedang mengeram.., kemaren sempet saya liat telornya jatuh dan pecah, mgkn waktu itu masih ada pejantannya. sekarang pejantan sdh sy ambil, dia ngeram terus. bgmaan perawatan selanjutnya, krn saya kerja, saya gak bisa liat dia makan atau enggak. karen dari makanan kayaknya kok masih banyak. tks

    • Om Rudi, sbnrnya utk perawatan kenari yg br mengeram sama saja, tp yg harus diperhatikan jangan sering atau memaksakan untuk melihat telornya, soalnya ada burung yg memang ndak mau diganggu, dan kl merasa terganggu dia akan selalu melindungi telurnya, jd efeknya makan jd ndak mau.

  7. Pak, kenari d rumah saya sudah bertelur, tp sampai skr belum jg menetas. sampai skr terhitung sudah 17 hari.. telur nya dibiarkan saja terus dierami atau bagaimana pak? thx

    • Om Lucyana, sbnrnya dlm waktu 1 minggu telur sdh bisa diketahui apakah isi atau tidak, dengan cara diterawangkan ke sinar matahari, kl telur terlihat bening itu berarti telur tdk ada isinya, dan kl telur yg demikian langsung saya buang, kl yg di alami Om Lucy smp 17 hari itu kemungkinan telur kosong atau tdk di buahi, jd dibuang saja dan diulangi lg proses kawinnya, mksh.

  8. iya om. telur nya sudah saya buang dan trnyata isinya kosong..
    tp ada 2 betina lg yg sedang bertelur jg,, yg 1 telur nya 4..tp bru mnetas 2..yg 1 lg telur nya jg 4,, smpai skr baru jd 3.. tp knp ya om, yg ini ukuran anaknya 2x lbh bsar drpada anakan yg lain? thx

  9. o iya om mau nanya lg nih.. anakan kenari mulai djemur waktu udah umur brapa ya om?? hehehe..

    • Kalau pengalaman saya, umur 2 minggu sdh saya jemur. tp cm sebentar, antara 10 – 15 menit, tp hrs hati2 dan jangan smp lupa, soalnya saya pernah kelupaan dan akhirnya mati.

  10. trimakasih bnyk om atas infonya..
    sangat bermanfaat.. hehe

  11. hidup kenari………………

  12. nanya om saya punya kenari betina F1 baru ngeram, telornya sampai 6, sebenarnya 7 tapi yang pertama jatuh, jadi pecah. lha ini udah 15 hari kok blm netes ya? atau saya harus tunggu sampai hari ke 18? karena saya hitungnya 15 hari itu sejak dia bertelor ke 4.

  13. Salam kenari..Om mau nanya,cari indukan F1 di daerah banyumasan dimana?thanks infonya…

  14. kenapa kenari saling bertengkar……..

    • Om Oyot, Bertengkar pd kenari itu wajar, apalagi kl keduanya blm jodoh, yg sdh jodoh pun kadang msh bertengkar, seperti manusia pasti ada konflik di dlm keluarga. gt Om…

  15. mas, saya mau nanya ni. gimana cara menjodohkan kenari di area kandang koloni. kenari betina saya ada 9, tapi jantannya ada 2 saja??

    • Om Faisal,,Wah untuk koloni saya blm pernah coba Om, kl menurut saya dengan pejantan 2 betina 9 sebaiknya dibuat sistem kawin cabut saja, tp utk kawin cabut kenari jantan sudah benar-benar gacor dalam kesehariannya, dan betina sudah matang kelamin dan sudah menyusun sarang di sangkar, proses mengawinkan baru dimulai. Biarkan jantan dan betina kenari berduaan sampai sekitar 1 jam. Dalam rentang waktu itu, biasanya terjadi 2-3 kali perkawinan atau lebih.
      Setelah itu, pisahkan jantan dan betina kenari sehingga keduanya tidak saling lihat.
      Ulangi kesemua langkah di atas selama 3 hari berikutnya. Nah, setelah lewat 4 hari masa perkawinan, kenari jantan dan betina tidak perlu dicampur lagi. Betina akan bertelur dan mengerami sendiri telur-telurnya. smg bermanfaat.

  16. Salam Kenal Om,

    Saya punya pasangan kenari yang sudah beranak 3 hari, tapi ibunya gak mau makan telor puyuh, dia cuman makan milet, trus jantannya saya satuin lagi biar ngebantu meloloh, cuman selain meloloh malah betinanya minta kawin lagi, gimana ya Om, thanks

    • Om Surya, salam kenal jg… kenari gak mau telur puyuh? saya baru denger Om, cb disiasati dengan sayuran misal gambas atau sawi, dan pakai produk makanan kenari yg ada kandungan proteinnya, smg bermanfaat.

  17. Halo Om, setelah jantannya saya masukin kembali ternyata jantannya yang justru lebih baik meloloh dan memperhatikan anaknya.
    Om nanya lagi nih, ada pasangan saya yang kompak ngacak-ngacak sarang
    aja kerjaannya, gimana caranya biar mereka menata sarang dengan baik.
    Terimakasih

  18. Ke ke ke ke sammma ga bisa bahasa burung, tapi sekarang bahan sarang udah saya ganti pake sumbu kompor…………. dan tidak diacak acak lagiiii

  19. mau tany nie saya puny sepasang burung kenari yg baru bertelor hmpir satu mingguan,si induk mau mengerami pi tiba2 si induk mati,apakah telur itu akan menetas dengan sendirinya atau tidak??
    lalu bagaimana cara menetaskan tlur itu tanpa dierami oleh induknya,terima kasih…

  20. saya mau tanya om….aku pnya indukan kenari dah jodoh….tp yg betina br mau bertelur…apa sebaiknya dipisah dng yg jantan atau nunggu sampai betina bertelur br dipisah???

  21. salam kenal,…
    semoga om dlm keadaan sekat wal’afiat.
    mohon pencerahannya om….dirmh sy punya sepasang kenari sudah bertelur mungkin tdk lama lagi akan mengeram…makanan apa yang baik (mohon disebutkan produknya apabila tdk keberatan) u/ indukan yg sdng mengeram…apa perlu menarik pejantannya?…tenggat waktunya brapa hari u/ menarik pejantan dari mulai indukan mengeram?…
    demikian om….makasey banyak.

    • Salam, mksh sblmnya…untuk makanan kenari byk kok yg bagus dipasaran, kl saya pakai merk Belgie, pejantan ndak usah diambil, tp kl pejantannya akan di gunakan utk kawin dngn betina yg lain bisa jg diambil, kl saya pas betina bertelor 3 br saya ambil, distirahatkan dulu min 3 hari br dikawinkan dengan induk yg lain. smg bisa membantu.

  22. om kalau di daerah malang tempat untuk mencari indukan F1 yang bagus dimana ya om,trims

  23. Om ..untuk anakan kenari umur berapa bulan mulai bunyi, dan apa sih beda kenari biasa dengan kenari yorkshire

  24. salam om….rencananya sy mo beli kenari dari teman tapi sy masih ragu sebab kenari (jantan – warna kuning sempurna) tsb ky-nya kurang sehat, suaranya serak, mase bisa diobati nga om….obat apa yg cocok u/ kenari tersebut…tks.

  25. makasih semua atas infonya…sangat membantu buat saya, semua pertanyaan hampir sudah terjawabkan….mkasih

  26. salam kenal…. kenari saya sudah 5 hari mengerami… tlg bahan makan tambahan yang baik dan cocok buat yang lagi dan akan loloh.. trims

  27. setelah diprtemukan, brp lama biasanya kenari mulai brtelur?

  28. sip bnget tips nya bang

  29. Salam kenal, saya sedang coba untuk menjodohkan kenari. kenari sudah saya gantang berdekatan selama 3 hari, hari pertama si jantan langsung nyerang sambil berkicau dan si betina terbang kesana kemari sambil skali2 mengepakkan sayap. Hari kedua sampai ketiga keduanya hanya diam saja, tetapi apabila salah satu saya pindahkan(dijauhkan), baru deh si jantan berkicau ga brenti2, si cwe juga seperti uring2an sambil bunyi cuit cuit seperti yg sedang mencari pasangannya. begitu didekatkan lg, keduanya langsung diem membisu. apakah kenari saya sudah berjodoh? semalam saya coba satukan kedalam kandang si betina, tapi malah seperti yg berkelahi.. bagaimana ya seharusnya? thx.

    • Om Vikar, Kl menurut saya itu betina blm siap utk kawin, jangan di campur dlm satu kandang dulu,pisahkan mjd 2 kandang tp letakan kedua kandang berdekatan, selama 3 hari, stlh itu pd sore hari satukan. mudah2an langsung mau kawin.

  30. cara agar betina kenari cepat birahi………….

    • Om Sasmito, itu tergantung dari burungnya sendiri, kl mmg produktif anakan yg msh diloloh atau sktr umur 2 mggu induk sdh minta kawin, ada jg yg anak sdh dipisah br mau kawin, dan ada jg pakai acara istirahat dl, ndak mau kawin, tp ada yg bilang telur puyuh dan rajin jemur bisa mempercepat birahi.

  31. salam kenal om….saya baru pemula kira-kira di daerah kabupaten ciamis di mana yah saya bisa dapet yang F1 kenari…..????
    lalu apa warna dari induk jantang dan betina berpengaruh bagi warna ci anak…???apa kenari bisa di kawin silang dengan beda jenisnya…???

    • Om Irfan,.. wah kl ciamis saya kurang tahu, utk warna tergantung pilihan ,pengalaman saya 80% akan sama dengan induknya, kl kawin silang setahu saya bisa dengan blacktroat, dan anakan dinamakan blacken.

  32. Om mau tanya kenari ku dah bertelur dan lagi ngeram tapi bukan di sarang tapi di tempat makan gimana om , biarkan saja atau di pindah ke sarang ?
    jantan sudah saya pisah.

    • Om Rad, wah itu tergantung induknya, takutnya nanti kl dipindah ndak ngeram lg, tp kl ndak dipindah takutnya kl smp menetas kan tempatnya kurang luas, bisa jd anaknya nanti mati krn tempatnya terlalu sempit, kl saya ya untung-untungan dipindah saja, sapa tahu mau ngeram.

  33. selamat sore om…
    bgini…dirmh sy sdh memiliki anakan kenari umur satu bulanan dan masih diloloh induknya( alhamdulillah atas saran beberapa waktu yg lalu sy bisa memiliki anakan kenari yg imut2…he..he..), kira2 umur berapa bisa dipisah dari induknya…sedangkan induk tsb sdh mulai angkut sarang dan cuit2 panggil pejantanya, apa yg harus sy lakukan?…
    apa boleh indukan tsb dikawinkan kembali?…
    mohon pencerahannya ya om….tks.

  34. Om, umur berapa ya anakan kenari bisa di ambil untuk di loloh sendiri…

  35. Salam kenari om,
    Sy mau tanya om. Kenari betina sudah mau menyusun sarang tp kenapa udah 3 hr msh blm bertelur? Padahal jantan ud minta kwin tp betina cuma buat sarang trus. Mhon pencerahanya.

  36. selamat sore om….
    Dirmh sdh ada beberapa anakan kenari yg imut2….( dari 2 indukan yg sy miliki : kenari lokal), klo akan diberikankan ring apa ada ukuran standardnya, sering kejadian apabila sdh berumur ring tersebut jadi macet dan menimbulkan radang pada kaki kenari tsb.
    u/ itu mohon bantuannya apa perlu memberikan ring pd kenari hasil ternakan, dan pada umur brapa bisa dikenakan pada anakan kenari?…
    demikian om…saran dan masukan info semoga bisa menjadi masukan yg baik bagi sy pribadi dan umumnya para kenarimania semua. tks.

  37. saya mau tanya om kok kenari saya belum bertelur2 juga ya sudah dua minggu, untuk perjodohannya sih sudah jodoh.
    solusinya gimana om

  38. om mau tanya.stelah dipisah.kenari jantanya ditaruh berdekatan dengan kandang betina atau dijauhin agar betina tdak lihat jantanya?trim

  39. om saya pengen punya peternakan burung kenari tapi saya bingung berapa kira kira modal saya?terus berapa harga satu pasang kenari?

    • Om Riszz..untuk pemula seperti saya sebaiknya dimulai dari jenis lokal dulu saja, cukup 2-3 pasang saja, untuk harga sepasang kenari lokal kisaran 500rban, itu jg tergantung dari kwalitas.

  40. lam kenal om, saya mau tanya, kenari saya yang betina tidak mau ngerami telornya, apa mungkin karena pejantannya saya ambil, gimana solusinya biar mau mengeram, dan satu lagi mom, jika harus dengan pejantannya apakah boleh pejantannya saya ganti dengan pejantan lain (yang tidak ngawin itu betina)

    • Om Arfianto,,,memang ada tipe betina yang inginya berduaan, jadi kl pejantan diambil trs dia ngambek ndak mau mengerami telurnya, kl memang demikian solusinya pejantannya jangan diambil, dan kalau mau diganti dengan pejantan lain..wah saya belum pernah mengalami om. lebih amannya jangan diganti pejantannya. mksh.

  41. om saya mo nanya nich,knapa kenari saya yg udah jodoh blm mau bikin sarang yach? sarangnya malah diacak-acak,gimana solusinya om ? thanks om……

  42. terima kasih gan, berarti tidak bisa poligami nich, harus tambah modal lagi, he..he..he..
    gan mau nanya harga kenari F1ys jantan umur sekitar 1 tahun berapa gan, beda AF dan F1 itu dilihat dari besarnya aja bisa tidak gan dan kalo membedakan F1ys dengan F1 yg bukan ys gimana caranya, matursuwun sak derengipun

    • Om Arfianto,,poligami bisa..cb tungu hari ke 7 baru diambil pejantannya, saya pernah melakukan dan betina ndak manggil2 pejantan lagi, dan mau mengerami telurnya sampai menetas, kalau harga umur 1th tergantung kwalitas, AF dan F1 jelas beda, tp kadang ada f1 yg posturnya kecil, jadi saya sarankan kl membeli f1ts langsung di peternak yg dapat dipercaya, F1ys dengan f1 bukan ys itu beda jenis om. mksh

      • makasih banget ya gan, kpn2 nanya lagi ndak apa2 kan, maklum nie udh belajar ternak kurang lebih 1th tapi masih ada aja kejadian yang tak terduga.

  43. halo om sy mau nanya sy punya sepasang kenari yang sdng dijodohkan tapi si betina nya galak bgt.. dan slalu brtngkar dan aneh nya yang membuat sarang si jantnnya apakah itu wajar om?
    dan ciri2 fisik betina siap kawin?
    tlg bantuanya thksssss salam cuit cuit

    • Om Bilie.. wah itu pejantannya mungkin kurang ganteng ato kurang gagah om, jadi betinanya gak nafsu..hahaha..becanda om. semua butuh proses om, jangan dicampur dulu, perlihatkan dulu saja antara jantan dan betina, tp beda kandang, sampai keduanya ada tanda tanda mau jodoh. mksh.

  44. om mau nanya lagi daerah solo yg jual kenari betina siap telur mana ya? dan harganya berapa ? thx

  45. lam kenal..sy punya bbrap kenari lokal satu diantaranya sulit dijdohkan,sudah hmpir 2minggu sy jdohkan,bl sangkar ddekatkan kyak saling matuk,sy coba masukin kyak brkelahi tp jka dijauhkan keduanya bersuara bersahut sahutan kyak saling mencari psangannya,gmana solusi utk mnjdohkannya

    • Salam kenal jg Om Eko…kenari anda mungkin belum menemukan jodoh yang cocok om, cb ganti dengan pasangan yang lain, krn ada kenari kl tidak dengan warna yang iya suka dia tidak mau jodoh. mgkn itu bisa membantu, mksh.

  46. salam kenari mania om yosh….

  47. lam knal om saya punya kenari udah jodoh selama 3 minggu tetapi kok blm brtelur ya? Apa masalah nya ya om? Proses penjodohan sampai penetasan kenari pada umum nya brp minggu om ?

    • Om Parjo….Sudah kawin belum?? atau mungkin prose kawinnya yang ndak sempurna, coba cek tangkringan burung, pastikan kuat dan tidak goyah, supaya proses kawin bisa maksimal, utk proses perjodohan 6-7hari sdh bertelor, dan pengeraman 14 hari sdh menetas, dan anak umur 3-4minggu sdh bisa makan sendiri.

  48. om yos, kenari betina saya belum mbunderi tapi kalau yang jantan berkicau, betinanya ngasih respon ngangkat2 sayapnya. waktu itu ya iseng2 saja saya masukkan jantannya dan mau kawin (ini hari kedua). apakah itu memang sudah tepat masa kawinnya walau belum mbunderi? Maturnuwun.

  49. Sya mw tanya klw kenari setelah di satukan mulai bertelor nya kira” memakan waktu berapa hari ya???makasih

  50. Tanya lagy ya ko saya lihat burung kenari saya klw tidur suka berjauhan ya tapi kadang” berdekatan,,knpa ya

    • Om Adhit..Wah menurut saya itu wajar2 saja om, ndak apa..yg penting mau jodoh dan kawin. kl lg berjauhan itu mkgn lg gak nafsu om dan kl lg berdekatan lg pingin dia om, maaf bercanda. Sukses buat om Adhit.

  51. Tapi punya saya ko udah seminggu belum bertelur ya???itu klw lgy kya gtu harus seringd ksh makan apa ya,,,makasih banget om

  52. salam kenal om kenari yg sedang brodol itu boleh dijodohkan apa tidak om ?? tlng bantuanya suwun

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s