Tip Ringan Beternak Kenari Pemula

Halo… salam hangat kicau mania kusus nya kenari mania….. saya akan membagi pengalaman saya seputar beternak kenari untuk pemula (karena saya sendiri juga pemula) ,beradasarkan pemgalaman saya…

Pertama2 kita sebagai pemula harus tau tujuan utama kita dalam beternak kenari tersebut,supaya akhir dari tujuan tersebut tidak rancau…. yg saya maksud adalah kita beternak kenari untuk:

1. body

2. warna

3. suara

4. atau perpaduan antara ke tiganya body,suara dan warna..
Setelah kita tahu tujuan kita..maka kita mencari bibit/indukan yg akan kita maksud…(pengalaman saya tentang suara dan body,warna saya tidak) maka saya berbagi tips tentang suara dan body…

karena saya maen tentang suara dan body saya mencari indukan yg kira2 mempunyai suara keras dan untuk body saya mencari body yg bagus…. untuk suara menurut saya ada YS,Landcaster,norwich,dan border untuk suara yg keras (mungkin ada yg laen bisa di tambahkan)…itu untuk pejantannya…. sedang untuk betinanya itu yg menjadi kendala saya sebagai bread..karena untuk mencari betina `cetak` sangat susah…. yg di maksud `cetak` disini adalah betina yg bisa menurunkan seperti yg kita mau..mis warna betina tsb bisa mencetak warna2 dari pejantan atau betina tsb,untuk cetak body juga begitu,begitu pula untuk mencetak suara…..sedang kan kita tidak bisa mengetahui apakah betina itu cetak atau tidak….karena belum tentu betina dengan warna, body, atau trah suara yg bagus mau menurunkan seperti itu…. saya solusinya,apabila kita serius dan mencetak kwalitas bukan kwantitas kita harus rela korban mencari banyak betina….(saya habis 50ekoran betina dan hanya mendapat 1 yg saya inginkan)… Karena kalau kita menilik dari MIS; trah suara bagus kemungkinan besar kita akan mendapat anakan dengan kwalitas suara bagus..tapi itu belum pasti karena…sebagai contoh seorang pria denagn seorang wanita dengan suara yg bagus menikah apakah ada yg bisa menjamin bahwa besok anaknya pasti akan bersuara bagus….untuk body pun begitu…warna juga begitu….

Nah menurut saya untuk betina bagi peternak pemula adalah yg harus dicari nomer 1 yaitu betina yg bisa :
1. mengerami telur dengan baik
2. mau meloloh anaknya dengan baik
3. dan apabila bertelur telur tersebut tidak sirr/ tidak di buahi

setelah mendapat betina tersebut kita tunggu hasil nya…apabila tidak seperti yg kita harapkan ganti dengan pejantan yg lain…apabila tetap begitu,,bagi saya itu bukan betina cetak… memang dalam beternak seperti yg saya alami tersebut butuh keuletan, ketelatenan, karena saya mencari seperti yg kita mau bukan asal beternak.

Dan dalam mencari betina seperti itu belum tentu diantara peternak mau melepas betina `cetak` tersebut… sedangkan untuk kita beli anakan betina adakah peternak yg bisa menjamin kalau itu besok bakal bisa menurun kan bagus….seperti contoh di TK (taman kanak-kanak) terdapat 40orang siswa,coba tanyakan kepada siapapun bisa tidak menjawab besok yg akan menjadi dokter siapa yg akan menjadi preman siapa yg akan mendaji sopir siapa…

Hanya sebagai patokan untuk mencari betina adalah selera kita sebagai pembeli dan penjual akan menuntun kita baiknya yg mana….cuman kita hars punya patokan dulu…
patokan saya untuk indukan adalah :
Jantan:
1. tubuh/body seperti wortel dan propsional
2. mempunyai pen yg besar
3. mempunyai vol yg keras dan panjang
4. berbulu tipis
5. tidak cacat
6. apabila di lihat seperti ada punuk nya

Betina:

1. tubuh/body yg proposional
2. mempunyai trah/keturunan yg jelas
3. berbulu tipis
4. tidak cacat
5. jng ke gemukan
6. apabila mau bunyi pilih lah yg ber vol keras

untuk betina kebanyakan apabila betina itu mempunyai body yg besar,akan lebih susah mengerami dan meloloh anak nya (bukan berarti tidak ada betina dengan ukuran besar yg bagus).

Nah itu semua pengalaman saya dalam beternak kenari….sebagian besar praktek2 saya di bantu dan di bimbing oleh guru kenari saya OM KIAN SING dari yogyakarta. dan di tulisan ini saya mengucapkan banyak terimakasih kepada OM KIAN SING yg sudah banyak memberikan bimbingan beternak dan memilih kenari yg benar…serta untuk perawatan obat2 an saya di bimbing oleh dr.budi dari kalasan

Apabila tulisan saya di atas ada banyak kekurangan saya mohon maaf.karena sekali lagi saya hanya pemula..dan ingin berbagi ilmu kepada sesama kicau mania kusus nya kenari mania…dan dalam hal tulis menulis saya juga masih awam.

sekian dan terima kasih…semoga bermanfaat bagi kita semua…. apabila masih banyak kekurangan mohon untuk di tambahkan ,sehingga saya bisa lebih tau dan menambah pengalaman saya lagi.

R.Aris-Bumen BC

emon-2003@plasa.com

http://www.kicaumania.org

About these ads

36 thoughts on “Tip Ringan Beternak Kenari Pemula

  1. Bagus om, perlu dicoba tu,mksh infonya

  2. pak saya hobi burug kenari, sudah 11 ekor kenari yang saya miliki tapi hanya 1 yang saya punya suaranya bisa kaya gelas di pukuli ting.ting. tp saya beli sudah terlalu tua kaki sudah bersisik. padahal saya pingin pinya keturan dari dia apa itu bisa di kawinkan.atau sudah tidak bisa di kawinkan. trim salam kenal dari saya cb WAKGOOS

  3. salam kenal
    Pak saya udah coba ternak kenari, tapi tdk saya ring karena pernah ngasih ring malah cacat semua.
    yang saya tanyakan biasanya bahan dari apa? terus biar aman untuk kaki ada syaratnya ga?
    trimakasih.

    • Om Andy, Saya jg pernah mengalami hal yg sama, dan setelah itu saya tdk pakai ring lg. untuk bahan saya jg kurang tahu, dan kl burung biar aman ya ndak usah pakai ring aja.mksh.

      • maturnuwun infonya…
        Oya Om..apa bener udara panas saat ini memang membuat telur kenari pada gagal menetas?
        saya sampe bingung udah 2 periode nelur gagal terus.
        terimakasih.

      • Memang bener Om.., saya ini jg baru mengalami, dari 72 telur cuma menetas 14. yang menetas itu tempatnya agak sejuk, jd saya menyimpulkan udara panas sangat berpengaruh.

  4. om bagaimana kalau betina yang mau saya kawinkan itu ternyata kegemukan dengan tanda ada lemak kuning di bawah perutnya? apakah dengan kondisi seperti itu bisa dikawinkan atau bisa birahi? trimakasih

  5. mohon maaf saya ferdyan dr jkt mau nany, sayapunya burung kenari warna wortel saya kawinka dengan kenari warna kuning baru 2 hari sudah mau kawin, berapa harikah bs menganbil burung jantan kalo betina sudah bertelur,soal nya kasihan yg jantan gak di jemur takutnya sakit trimkasih atas saranya……….

  6. trimakasih …tip dan triknya Om… sangat bermanfaat

  7. pak…sy mau coba beternak kenari, berapa harga sepasang yang sudah siap kawin dan apakah bisa dikirim ke kalimantan? makasih

  8. baru hari ini saya mau coba ternak kenari, dapat 2 dikasih teman dari bantul, bagi saudarasaudara yang mau minat membantu atau tukar info, boleh dong… Soalnya pangsa pasar kalimantan sangat bagus katanya… Slam kenal

  9. ass.maaf om mau tanya.saya br pertama kali ternak.berhsl bertelur tapi.telurya gagal smua.sebabya apa ya om.trus pada wktu bertelur itu apa harus dkasih lampu diatas kandang,dan kalau berjauhan gmana. kasih saran om

    • Om Nindi, akhir2 ini memang banyak temen yang mengeluh kl telurnya pada ndak netes, mgkn krn cuaca Om, ato mkgn telur tersebut ndak terbuahi, coba diulang lagi, untuk lampu kl menurut saya ndak begitu dibutuhkan, kecuali pada waktu sang induk masuk pada masa merawat anak, itu fungsinya supaya pada malam hari induk bisa memberi makan pada anaknya.

  10. satu lagi om.rumah saya walikukun,saya mau menambah kenari juga.harga kenari jantan f1 harganya berapa ya om

  11. om sy peternak pemula. mau tanya dari 6 butir
    telur yg menetas koq cuma 1, apa sebabnya ya?

  12. salam kenari mania om.sy pemula nih mohon bantuannya .kemarin kenari betina sy mati pd hal sudah buat sarang dan sudah kawin.apa karna sy kasih telur puyuh ya,tp sebelumnya pernah sy kasih sehat2 saja atau karna kedinginan….sekarang sy dah beli betina lg tp masih muda ( 5bln ) apa bisa dikawinkan? klo dikawinkan apa bisa bertelur?

    • Salam Om Risky…..itu mungkin betina om risky sakit, tp om risky ndak tahu, kalau karena telur puyuh saya rasa tidak, untuk betina dengan umur 5 bln rata-rata belum mau dikawinkan, ada juga sih yang umur segitu sudah birahi dan minta kawin, coba dekatkan saja dengan pejantan yang sudah gacor kalau ada tanda-tanda si betina minta kawin baru dijadikan satu sangkar.

  13. om mw tanya,klo knari sudah menetas,ap perlu jantannya d pisah?trus mulai kapan jantannya di pisah,makasi banyak y om

    • Om Andreas..kalau saya dengan pejantan yang terbatas, pada telur ke 2-3 pejantan sudah saya ambil, karena mau dikawinkan dengan betina yang lain. tapi kalau kenarinya om andreas pejantannya tidak untuk dikawinkan dengan betina yang lain ndak usah diambil ndak apa, biasanya ada juga pejantan yang mau ikut meloloh anakannya.

  14. om kalo kenari saya yang jantannya lagi mabung bisaga di jodohin ?

  15. Om. maaf saya mau tanya nih,
    saya punya kenari 2, warna orange sama kuning bon,
    nah yg kuning bon saya aneh knp tiap saya masukin sayuran, buah2an sama makanan biji2an suka mau gigit tangan trus sayapnya ke buka dikit pkonya jadi agresif dan suka marah klo tangan didekatkan dengan sarangnya, apa itu tanda2 betina ap jantan ?

    • Om Rizal…untuk menentukan jantan dan betina dengan ciri2 seperti itu sulut om, saya juga punya yang seperti itu jantan, tp belum pernah lihat kl betina seperti itu. mungkin kenari anda jantan yang sdh birahi dan dengan tipe galak.

  16. om thx infonya,oh y kenari saya sdh mnetaskan telur 3 butir om,sekarang anak2ny sdh berumur 19 hari,yg saya heran knapa anak2nya nga ada yg sama dngan induknya?yg 1 bewarna kuning muda,yg lain mirip burung gereja,padahal jantannny bwarna orange,betinanya bewarna melon…

  17. om saya mw tanya,bsa g kenari yg bru selesai meloloh anaknya d kawinkan lagi?makasi om

  18. mantab, paket dah datang.
    Aku pesen F1 nya mas.

  19. biasanya yang pa yos tiap menetas berapa ekor dari berapa telur?cara agar telur menetas semua bagaimana…..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s