Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Beternak Kenari


Perlengkapan sangkar penangkaran kenari

Perlengkapan sangkar penangkaran ini ada beberapa hal yaitu:

  1. Tempat bertengger. Bahan untuk tenggeran atau tempat bertengger ini bisa dari kayu yang kasar kulitnya. Dapat menggunakan kayu pohon asem, jambu biji, atau petai cina. Tenggeran yang halus kurang baik untuk burung kenari.
  2. Sarang tempat bertelur. Dapat dibuat dari anyaman bambu atau plastik yang diberi rami, serabut kelapa atau daun cemara kering. Penempatan sangkar ini sebaiknya berada lebih tinggi dari pintu sangkar, sebelah kiri atas atau kanan atas. Dengan demikian pada saat pengggantian air minum atau pemberian pakan tidak menganggu burung yang sedang mengeram. Disisi tempat sarang di taruh , sebaiknya sisi luar sangkarnya ditutup dengan kertas semen. Sehingga burung merasa nyaman dan tenang mengerami telurnya.
  3. Tempat makan dan minum. Sebaiknya ditempatkan saling berjauhan sehingga tempat minum ini tidak dikotori oleh sisa makanan ataupun air bekas sisa mandi.
  4. Penjepit sayuran. Digunakan untuk menjepit sayuran sebagai makanan tambahan untuk burung kenari. Bisa menggunakan penjepit pakaian. Penempatanya di mana saja sekirannya memberikan kemudahan bagi burung untuk meraihnya.
  5. Lampu penerangan. sebaiknya deiberikan lampu 25 watt atau neon 10 watt yang dapat menerangi semua sangkar. karena dengan adanya lampu penerangan ini, maka pada malam hari angkar penangkaran tampak terang. Dengan demikian akan memberikan kemudhan bagi indukan untuk setiap waktu meloloh anakanya.

Penempatan sangkar

Untuk penangkaran burung kenari, penempatan sangkar dapat diletakan dimanapun sesuai dengan kondisi tempat penagkaran.Pada dasarnya ada tiga macam penempatan untuk sangkar penangkaran ini:

  1. ditempel pada dinding
  2. digantung
  3. disusun secara bertingkat,

Yang perlu dperhatikan dalam penempatan sangkar untuk penangkaran ini adalah segi keamanan terhadap gangguan binatang lain, terutama semut, tikus, dan kucing.

Sangkar yang diletakan di tempat yang terlalu panas sangat berpengaruh terhadap hasil penetasan. Jika suhu terlalu panas , burung yang sedang mengeram akan sering meningggalkan sarangnya untuk mandi, sehingga telur yang di erami menjadi gagal menetas.

Sebaiknya sangkar penangkaran ini diletakan di dekat pohon yang rindang, sehingga pada waktu cuaca panas masih terasa sejuk sehingga induknya tetap merasa nyaman mengerami telurnya.

Sangkar Pembesaran Untuk Penangkaran Kenari

Sangkar pembesaran untuk burung kenari seringa disebut dengan istilah voiler. Sangkar pembesaran memiliki ukuran yang lebih luas jika di bandingkan dengan sangkar penangkaran.sangkar pembesaran ini digunakan untuk memberi keleluasaan kepada burung kenari agardapat bergerak dengan bebas. Didalam sngkar pembesaran burung dapat bergerak beas dan leluasa karena memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih luas dari pada sankar penangkaran


Pembuatan sangkar pembesaran dapat dibuat permanen dan tiddak dapat dipindah-pindahkan atau semi permanen yang dapat dipindah-pindahkan sesuai dengan keinginan penangkar. Ukuran sangkar pembesaran dapat dibuat bervariasi, tergantung pada kebutuhan dan kondisi tempat. Tetapi, sangkar pembesaran setidak-tidaknya mempunyai ukuran panjang 150 -200 cm, lebar 60-150 cm, dan tinggi 150-250 cm. Jika tempat tidak memungkinkan, sangkar pembesaran dapat dibuat dengan ukuran panjang 200cm, lebar 60 cm, dan tinggi 150 cm.

Kelmahan sangkar pembesaran yang dibuat permanen adalah tidak dapat dipindah-pindahkan sesuai dengan keinginan penangkar. Sehingga kebutuhan sinar matahari kadang kurang terpenuhi. Sedangkan sangkar pembesaran semi permanen memiliki keuntungan karena dapat digeser-geser atau dipindah-pindahkan sesuai keinginan penangkar. Misalnya, jika penangkar ingin menjemur burung-burungnya dapat menggeser atau memindahkan sangkar tersebut ke tempat yang mendapat sinar matahari pagi. Umumnya, sangkar pembesaran semi permanen ini pada kaki-kaki sangkar di beri roda untuk memudahkan penggeseran atau pemindahan sangkar.

Ukuran Sangkar Penangkaran Burung Kenari

Untuk menangkarkan burung kenari pada dasarnya membutuhkan dua macam sangkar, yaitu sangkar untuk penangkaran dan sangkar untuk pembesaran. Aspek yang di perlukan untuk penangkaran ini adalah:

  1. ukuran sangkar
  2. penempatan sangkar
  3. perlengkapan sangkar
  4. dan penerangan yang cukup

Berdasarkan jenis ukuran dari sangkar ini ada dua jenis, yaitu sangkar untuk penangkaran dan sangkar untuk pembesaran. masing-masing mempunyai ukuran yang di sesuaikan dengan keperluanya.

Sangkar untuk penangkaran kenari ini bisa di buat dari kayu untuk tulanganya dan di beri kawat kasa pada massing-masing sisinya. Sedangkan untuk ukuran bisa digunakan, untuk panjangnya 50 cm, lebar 40 cm dan tinggi 40 cm. Memang untuk ukuran kandang penangkaran ini tidak harus demikian tetapi tergantung dari jenis kenari yang akan di tangkarkan.

Jika yang ditangkarkan adalah jenis holland ukuran tersebut sudah mencukupi. Tetapi jika yang ditangkarkan adalah jenis yorkshire atau silangan antara yorkshire dan jenis lain, ukuran tersebut kurang memenuhi sarat. Perlu diperbesar lagi menjadi panjang 60 cm, lebar 50 cm dan tinggi 50 cm.

Semoga Bermanfaat…

About these ads

29 thoughts on “Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Beternak Kenari

  1. Mas Totok, saya mau tanya nih, Kira-kira penyakit apa yang mennyerang kenari saya ketika mengeram dan akhirnya mati >
    Kronologisnya begini :
    1. pada hari ke 5 masa pengeraman, kenari betina keluar dari sarangnya (pagi jam 8) dan kelihatan sakit (mata sipit, kepala dimasukkan di ketiaknya) jadi seperti tidur, tetapi kira-kira jam 10 masuk kembali ke sarangnya.
    2. Karena kelihatan sakit, sore harinya saya kasih vitamin vita plex, dan saya teteskan dimulutnya.
    3. Pada hari ke enam, pagi-pagi dia keluar dan makan serta kelihatan sehat.
    4. Pada hari kedelapan saya tengok sudah mati (saya tidak tahu apakah mati pada hari ke 7/ke 8), tapi saya duga pada hari ke7, karena waktu ketahuan udah agak busuk.
    5. Ketika sudah jadi bangkai, mulutnya warna hitam,

    Pertanyaan saya, penyakit jenis apa ini, dan bagaimana pengobatannya jika nanti saya punya kenari sakit seperti ini, padahal kebesihan sangkar , makanan, minuman sangat saya perhatikan.

    Terima kasih jawababnya

  2. mas,sy made dr bali…penyebab kenari saya tidak mau bertelur apa yah?gini mas..saya membeli seekor kenari betina dan saya kawinkan dengan kenari jantan saya…karena saya rasa sdh siap kawin maka saya satukan dlm kandang…..beberapa hari kemudian si betinanya membuat sarang dan melakukan perkawinan….tetapi tdk mau bertelur sdh 2 minggu sejak proses perkawinan pertama…kemudian kenari yg betina sy tukar dengan betina yang baru…..dan hasilnya sama mas….tdk mau bertelur jg….sdh beberapa minggu juga…..mohon sarannya mas…trims….

    • Om Made.. dulu saya jg pernah mengalami hal yg sama, saya jg sempat bertanya kpd senior kenari di bandung dan ini jawabannya.(telur belum terbentuk sementara birahi sudah tiba, sy biasanya beri telur setiap hari sampai akhirnya bertelur) dan itu sudah saya coba dan ternyata berhasil bertelur jg, malah skrg suda netas semua. selamat mencoba.

  3. mas, saya punya sepasang kenari, kemudian saya kawinkan dan akhirnya bertelur, tetapi setelah bertelur betinanya tidak mau mengeraminya. kenapa yang terjadi pada kenari saya ya mas? mohon bantuannya . . . . . . . . .
    terima kasih banyak . . . . . . . . .

    • Om Robby..mkgn kenari anda dikarenakan sarang nggak cocok, ada kutu/binatang,bisa juga karena bawaan (betina nakal), coba diulang sampai 3X, kl memang ndak mau mengerami telurnya di ganti saja induknya. mksh.

  4. Mas Totok mau tanya lagi tapi agak di luar konteks ya :p
    saya punya sepasang mozambik dimana betinanya sudah bertelur tapi belum dibuahi karena belum disatukan dengan pejantan. Nah pada saat disatukan jantannya dihajar habis-habisan (jantan sudah gacor) oleh betinanya?
    kapan waktu yang tepat & berapa umur pejantan untuk dikawinkan (sudah didampingkan sarangnya selama 1 bulan). terima kasih Mas Totok atas infonya :p

  5. Om mau nanya, klo kenari sudah bertelor, pejantan dipisah apa tidak. soalnya kadang pejantan gantian mengerami dan sering ngasih makan pada sibetina waktu mengerami.

  6. Sy alex dr jkt,sy pnya kenari betina nya kuning,jantanya wrna merah wortel,sdh sy gandengkan sangkarnya selama 3 minggu..cb sy masuk kan pejantan..malah betina nya marah..sy ambil lg..pejantanya… Gmn cr nya biar canary sy mau d jodoh kan trimakasih mas totok..

  7. Om, mana yg paling baik, saat betina sudah bertelur, pejantanya dipisahkan ato dibiarkan selamanya.
    Klo dibiarin trus berdua, apa pejantanya tidak akan mengganggu proses pengeramanya?
    (yg paling aman dan paling baik yg mana om?)
    mohon infonya.
    Thanks.

    • Om Beny..Kl bicara mslh aman menurut saya semua aman, tp paling aman kl pejantan di ambil. berikut pertimbangannya:
      - ada tipe jantan yg terus mengganggu betina, sudah nelor tp dikawin terus…
      - jantan nakal yg menghancurkan sarang
      - pertimbangan ekonomis, jantan dikawinkan dgn betina lain utk produksi lg.
      - jantan akan dipersiapkan utk lomba.
      - ketakutan pemilik, jantan akan berubah performancenya bila diteruskan sampai meloloh.
      Kalau tidak ada di salah satu diatas pejantan jangan diambil om, biarkan sang pejantan ikut meloloh anakannya.

  8. Om,,,saya punya sepasang kenari udah seminggu aku jodohkan,tapi knapa pejantannya kurang agresf dan gak mau bantu betina membuat sarang yang saya sediakan dan kira-kira berapa hari membuat sarangnya selesai,dan berapa lama lagi bisa bertelur?….thx

  9. Ass…. salam kenal dr aku Alam di Kal-tim om n’ sma pakar srt senior sma.. mau nanya om aku ada sepasang kenari jenis Lizard ring DKB 2011 yg aku beli dr lelang kicau mania milik om Derrik solo, kondisi skrng da ngeram 3 biji telur perdanax mau nax aja om apa pakan tambahan yg baik
    di berikan pd saat ngeram dan pakan yg baik pd saat telurx netas nnt dan gmn perlakuan kenari tersebut pd komdisi demikian,,.. mksh om

    • Salam Om Alam….kalau pengalaman saya. pada masa ngeram untuk tambahan makan sebenarnya kurang diperlukan, krn induk lebih banyak waktunya untuk mengerami telurnya, seperti biasa saja, bijian sama sayur, dan kalau pada masa mengasuh anaknya bisa ditambah sayur dan telur, untuk perlakuan sudah pasti lebih berhati-hati pada saat membersihkan kandang dan memberi pakan, usahakan induk tidak terganggu dalam mengerami telurnya.

  10. saya pnya kenari,jantan sudah berumur tpi g’ mw d adu..?? apa ya msalahnya mas…?

    • Om Zalis…bisa jadi kenari anda mentalnya kurang bagus, jangan dilihatkan dulu dengan kenari yang sudah gacor, usahakan suaranya saja yang terdengar oleh kenari anda, mudah2an nantinya mentalnya bisa menjadi bagus.

  11. salam kenari mas.. saya mo tanya ney…. gmn caranya byar kenari jantan n betina cpat birahi.mohon tipsx mas..

  12. slam knal om2 pakar smua…aku sdang bljar mnjodoh kan kn yg ada drmah.(jantan bli dri ank skrang udah gacor.udah mabung 1x om.yg cwek ny baru bli kodsi shat lncah, klo dngar kn jantan bunyi jadi sibuk d sangkar nya,tp blom bkn sarang,,mau nanya obat yg bgus untuk kn yang lagi dijodohin apa ya om(klo skrang saya cman ksih tlor sma jemur pagi aja)…mohon pencerahan ny….

  13. mksh om atas pncrhan nya… mau nanya lagi om…hehehe jgan mrah ya om aku bnyak tanya..klo penanganan kn yg sdang mabung gmn om(kndsi skrang kurus,tp ttp lincah,nafsu mkan baik masih sring bunyi om)apa kn aku kna cacing ya om? apa yg hrus aku lakkan ya om..

  14. OM….ni kenariku dah netas 3 tp kenapa kok bisa mati 2 ya….n yg sekarang masih satu dah turun dari sangkar , kira kira berapa minggu dah bisa makan sendiri dan di pisah? trims

    • Om Ivan..penyebab mati pada anakan byk, bisa dikarenakan tertindih oleh induknya, bisa jg induk dlm membagi makanan tidak rata, bisa jg dikarenakan sakit, umur 3 minggu biasanya anakan sdh mulai bisa makan, saat itu jg anakan bisa dipisah, suwun.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s