Masalah Dan Penyakit Kenari

Berikut ini disampaikan beberapa masalah yang sering dihadapi oleh peternak kenari dan cara – cara untuk mengatasinya :

MASALAH
PENYEBAB
CARA MENGHATASI
Telur yang dihasilkan selalu gagal menetas, padahal terjadi perkawinan Kemandulan, kegemukan, menu makanan dan minuman yang kurang baik Ganti dengan kenari jantan dan betina lain dan ganti dengan menu makanan dengan baik
Telur yang dihasilkan tidak dapat optimal, tetapi hanya dua atau tiga butir. Kemampuan kenari jantan dalam proses perkawinan kurang baik Ganti dengan kenari jantan lain
Telur sulit keluar, akhirnya kenari mati Posisi telur melintang terlalu besar atau lubang anus terbuka kurang lebar. Kompres perut dan dada dengan air hangat olesi / tetesi anus dengan minyak kelapa pagi dan sore hari.
Induk jika mengerami sering naik turun sarang Faktor suhu udara yang terlalu panas, letak sangkar tidak nyaman, terganggu suara pasanganya atau karena kutu. Jika karena suhu panas sangkar dipindahkan ke tempat nyaman, jika karena suara pasanganya, jauhkan pejantan dari kandang jika karena kutu, obati dengan obat pembasmi kutu.
Mengapa suara kenari tidak nyaring seperti biasanya ( menurun ) Karena faktor kebersihan makanan terlalu lama disangkar perjodohan atau karena bakteri. Jika karena makanan, cuci makanan sebelum diberikan, jika karena dijodohkan, pisah jemur tiap hari, jika karena bakteri beri obat yang mengandung anti biotik
Mengapa kenari yang dijodohkan sulit sekali jodoh. Betina belum birahi, pejantannya kurang agresif, atau usianya belum cukup. Tunggu sampai birahi cari pejantan yang agresif dan berbunyi nyaring meskipun dicampur dengan betina tunggu sampai usia cukup.
Induk tidak mau menyuapi anakannya saat menetas Kejemuan karena berulangkali beranak ( setelah 3 – 5 kali ), atau karena faktor pembawaan. Jika sudah 4 – 5 kali beranak, istirahatkan beberapa waktu dan beri makanan yang baik. Jika karena pembawaan pindahkan telurnya pada burung kenari lain yang sedang mengeram atau dibantu melolot jika telur menetas
Kotoran keluar dalam bentuk cair Terserang penyakit atau keracunan Obati dengan obat yang cocok, cucilah sayuran yang kemungkinan mengandung pestisida atau obat pembasmi hama.
Anak kenari mati setelah 2 – 3 hari menetas Indukan terlalu khawatir terhadap keselamatan anaknya sehingga mengeraminya terlalu kuat atau penerangan kurang cukup. Tempatkan sangkar dan sarang di tempat yang agak tinggi / lebih tinggi dari kepala orang beri lampu penerangan yang cukup.

By Kenari Tripod

About these ads

40 thoughts on “Masalah Dan Penyakit Kenari

  1. pak , salam kenal nama saya indra, saya pemula beternak kenari. Saya mau tanya apa kenapa burung kenari saya yang sedang menngeram sekitar 5 hari keluar dan dia nangkring terus tiduran diluar sarang dan matanya sipit dan kepala diumpetin di ketiak dia, apakah burung saya ini sakit, dan kalau sakit obatnya apa? pada waktu keluar burung kenari saya itu di agi hari jam 8 terus masuk lagi kesang nya jam 10 – 11 siang.

    • Mas indra, kl menurut saya itu indukan yg tdk produktif, dan lebih baik diganti saja dengan indukan lain.ada kemungkinan burung tersebut sakit,coba dijemur dan di kasih multi vitamin, dipasaran byk kok.dulu saya jg pernah mengalami hal seperti itu. semoga berhasil.

  2. ok, terima kasih sarannya Mas Totok.

  3. Burung kenari saya sesak nafas campur batuk2, otomatis dia tdk mau mengeluarkan suara (berkicau) mohon bantuan apa obatnya ya mas?

    • Mas Anton…untuk mengatasi penyakit pemapasan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut. :
      A . Burung kenari yang terinfeksi penyakit pernapasan segera diisolasi di kandang tersendiri dan diobati,dengan obat yg mengandung antibiotik,agar tidak menular kepada burung-burung kenari yang lain.
      B . Sangkar, tempat makan, dan tempat minum selalu dikontrol dan semua kotoran yang terdapat di dalam sangkar ataupun di dalam wadah makanan/minuman selalu dibersihkan.
      C . Makanan yang akan diberikan dicuci bersih dan dikeringkan untuk menghilangkan kemungkinan adanya residu pestisida pertanian yang membahayakan kesehatan burung.
      D . Minuman yang kotor segera diganti dengan air yang bersih, segar, sehat, dan tidak mengandung bahan-bahan beracun yang membahayakan kesehatan burung. Air untuk minum direbus terlebih dahulu hingga mendidih untuk membunuh semua jenis bibit penyakit yang terdapat di dalamnya.
      Semoga bermanfaat.

  4. To whom it may concern.
    Baik sekali ada blog ini.Semoga bisa bermanfaat untuk kemajuan Kenari di Indonesia.Berdasarkan pengallaman saya berternak,Water Slagger,Phaeo,Lizard,dan Red factor,Sebenarnya semuanya tidak bermasalah.Menurut saya,bila ingin mendapatkan hasil seperti yang kita inginkan,kita harus bisa disiplin membedakan hal2 yang bersifat Mandatory,dan recommended.Hal 2 yang harus,adalah menjaga kebersihan lingkungan (kandang),termasuk air minum,makanan yang harus selalu segar dan memenuhi syarat,Sangkar yang dibersihkan tiap hari,segar dan kering,tenggeran yang selalu bersih untuk menghindari jamur,serta waspada ,dan mengenali munculnya kutu,khususnya pada musim kemarau.Sebaik apapun kwalitas pakan,tapi kalau sangkar kotor,tidak akan menghasilkan burung yang optimal.Untuk mendapatkan Pure Breed,mutlak perlu pengetahuan tentang Mendell Law.Dengan bekal itu akan dihasilkan burung2 yang berkualitas.Thnks.P Sulaksono

  5. saya tinggal di Bandung.tks

  6. ass.. pak mohon carikan solusinya ,kebetulan sy mempunyai 8 psng kenari sudah ada yang menetas 2 indukan perinduk netas 4ekor tp dalam wktu 1 minggu satu persatu mati dengan sukses kira2 apa penyebabnya dan bagaimana cr mengatasinya ya? trims sebelumnya..wassalm

    • Anak mati biasanya disebabkan krn sang induk tidak mau mengasuh anaknya ( memberi makan ), itu berati indukan anda perlu diganti dengan induk yang mau mengasuh anaknya pak.

  7. Salam Kenal,. mas totok saya mau tanya nich..
    kenari saya netas untuk pertama kalinya, menghasilkan 4 anak.. tp kenapa anak kenari tersebut setelah 5 hari kok di makan satu per satu oleh induk betinanya..??? pada hal pejantan sudah si pisahkan selain itu makanan lengkap saya berikan.. mohon infonya mas totok. terima kasih

  8. Salam Kenal, saya mau nanya kok udah 14 hari telur kenari belum menetas kenapa ya??terus bagaimana cara mengatasi kenari yang mandul apakah bisa di obati???

  9. oom slam kenal. Sya coba ternak kenari tp kenapa sarang yang kita sediakan isinya selalu dibuang padahal sdh sy siapkan 2 sarang dengan 2 bahan yang berbeda tetapi selalu ditempat makannya? trims tolong pencerahannya karena sdh beberapa kali terjadi SALAM KENARI MANIA

    • Om Arie, itu mgkn ndak cocok dngn bahan sarangnya, kl saya biasanya pakai sabut nanas, saya jg pernah mengalami hal seperti itu, dan setelah saya ganti ternyata induk mau bertelur di sarangnya. Salam..

  10. salam kenal om, saya baru memulai ternak kenari.
    mau bertanya nich, kenari saya sudah bertelur tapi kok kadang saya lihat jantan dan betina nya berantem ya om? itu kenapa ya? harus dipisah atau tidak? kalo misal di pisah berpengaruh dengan telur nya atau tidak ya?
    satu lagi om, biasanya waktu menetas kenari itu berapa hari ya?
    terimakasih banget om, mohon bantuannya……

    • Om Ovit, kl sdh bertelor 2-3butir msh berantem sebaiknya pejantannya di ambil saja, ndak akan berpengaruh pada telornya. umumnya 14 hari telor sdh menetas kok..

      • sekarang sudah dierami om….
        kalo kenari tuh ngerami nya gantian jantan betina apa enggak yah om?
        kemaren saya lihat masih berantem tapi akhr2 ini saya amati mulai rukun lagi……
        kalo sudah menetas nanti baiknya perawatannya gimana ya om?
        minta saran dan ilmu nya ya om….
        trims…..

      • Kenari yg ngerami cm betinanya saja Om, kl perawatan anakan sbnrnya hampir sama, cm di tambah saja porsi n EFnya, misal telor atau sayur..dengan sendirinya sang induk akan mengasuh anaknya, tp ada jg induk yg ndak mau memberi makan anaknya, dan ujungnya anakan mati. Ya mudah2an indukan milik Om Ovit mau memberi makan anakanya sampai bisa makan sendiri, yg penting sabar Om.

  11. makasi banget om atas info dan saran nya…..
    semoga bisa bermanfaat….
    thx….

  12. mas Totok kenapa anakan burung kenari yang usianya baru 1-2 hari mati, padahal sempat disuapin oleh induknya, dan kejadian ini terjadi terhadap anakan brung kenari saya dari 3 yang menetas tewas semua

    • Om Kendra..kenari umur 1-2hari msh sangat memerlukan kehangatan sang induk, itu mgkn induknya ndak mau memberi kehangatan pada anaknya, misalnya mengeraminya, jd anaknya kedinginan dan akirnya mati. cb kl nanti sdh beranak lg diberi bantuan kehangatan, misal memasang lampu pada kandang.

  13. terima kasih mas Totok, mungkin karena iklim sekarang kalau pagi dingin ya, pada hal sebelumnya tidak pernah mati.

  14. salam kenal pak..gmn ternaknya masih lancar pak?
    saya baru 1 bln ini mencoba ternak,punya betina 8,jantan 3 ekor.
    alhamdulilah yg 2 ekor lg ngeram.mudah2an jadi anak&hidup.
    permasalahan skrg,semua kenari kliatannya kayak lesu,seringnya tidur,apa yg mesti saya perbuat,&obat atau vitamin apa yg mesti saya kasih.
    trims

    • Salam kenal jg Om Diky, untuk ternaknya smtra br istirahat dulu, peremajaan induk, tp belum dapat calon induk yg baik. smg ternak anda bisa lancar, utk kenari lesu..mgkn kurang jemur, cb jemur rutin tiap pagi. utk obat/vitamin saya ndak pernah pakai, cm jemur,telur,sayur yg rutin saja.mksh..

  15. Mas Totok, anakan kenari saya yang mati itu sudah ketahuan penyebabnya, yakni disebabkan karena kenari ketakutan saat siang hari ternyata di atas kandangnya suka dihinggapi urung merpati,sehingga dia jaga anaknya disarangnya kuat-kuat hingga mati. Burung dara tersebut udah sya jual semua sekarang.
    Terima kasih mas totok

  16. penghitungan netas telur dari telur pertama atau yang terakhir??misalnya telur pertama tgl 1,kemudian telur terakhir tgl 4,nah menghitung sampe netas dari tgl 4 apa tgl 1 ???

    • Om Somantri,, wah namanya kayak profesi saya Pak mantri, Tentang telur ya Om, kl saya menghitungnya dari telur terakhir, soalnya telur pertama smp ke tiga induk blm aktif utk mengerami telurnya.

  17. om,salam kenal ya.mau tanya nich.saya punya kenari f1 yang dulunya bagus,gacor.tapi setelah mabung kok diya lambat bunyi,setelah saya cek ternyata setelah saya pegang dan saya dekatkan ke telinga,kenari saya itu ternyata sesak napas&pilek,gimana ya om cara mengatasinya???trus gimana cara menghilangkan kutu yang ada pada burung kenari

    • Om Santo, ada jg sih obat buat sesak, tp saya kurang tahu namanya, soalnya ndak pernah pakai obat2an, coba jemur teratur dan kasih ektra foding dulu, misal telur, buah dan sayur,tp kl utk kutu saya biasa pakai kututox, dan itu terbukti kutunya hilang, bisa dipakai juga utuk kandang,biar hewan pengganggu misal semut jg pergi.

  18. salam kenal om, om sy deny dr lampung sy mo tanya klo kenari suara serak batuk ky bersin2 ga lincah obat yg manjur apa ya om

  19. salam kenal ya om, saya dari kalimantan timur mau nanya kenapa kenari saya kalau di adu kok nggak mau bunyi ya, padahal kalau sendirian bunyi terus.

    • Om Hery S….. Kenari anda mentalnya kurang bagus kelihatannya, sering-sering saja didekatkan dengan kenari yang lain yg sdh gacor, tp jangan dilihatkan langsung, disekat dulu, mudah2an mentalnya bisa lebih bagus.

  20. salam kenal mas totok, saya pemula, ternak kenari. kemarin saya beli kenari betina, bulu kepala agak botak. sampai dirumah ternyata perutnya bengkak, kaya berisi cairan gitu, empuk. nah sekarang ini dia sudah mulai mbunderi/nyusun sarang. saya mau tanya, apakah perut yang membuncit itu karena penyakit atau apa? bagaimana pengobatannya? ini memang sengaja belum saya kawinkan, padahal udah ada jodohnya. bagaimana mas totok, help… terimakasih.

    • Om Wahyu, itu mungkin krn penumpukan lemak, lebih baik di tangani dulu, kl ndak nanti akan berpengaruh pada proses bertelur, bisa jadi telur sulit keluar, dan itu bisa menyebabkan kematian, stop telur dan sayur dulu, cukup beri makan bijian saja, jemur rutin agak lama, usahakan jemur pakai kandang umbaran, supaya burung bisa bergerak bebas, secara perlahan akan menghilangkan tumpukkan lemak, semoga berhasil.

  21. Salam kenal om.. saya mau tanya nih… obat pembasmi kutu untuk kenari apa ya.. dan bisa ngak digunakan pd burung yg sedang mengeram… maturnuwun

    • Salam kenal juga Om Apuy… saya biasa pakai merk kututok, langsung disemprotkan ke burung ndak apa. wah kl dipakai pada burung yg br mengeram takutnya nanti air kena telurnya, ada yg bilang kl telur yg baru dierami induk kl kena air bisa menyebabakan telur kopyor, tp saya jg ndak tahu pastinya. cari amannya saja om, jd ndak usah di semprot pada waktu mengeram.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s