Sedikit Tips Untuk Ternak kenari

Sedikit Tips Untuk Ternak Kenari

Beternak kenari membutuhkan ketelatenan dan kesabaran jika ingin berhasil karena akan ada banyak kendala yang akan dihadapi, tapi jangan khawatir setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya jika kita banyak bertanya sama yang lebih mengerti dan faham tentang kenari khususnya.

Disini saya tidak bermaksud untuk menggurui karena banyak peternak yang lebih ahli dibandingkan dengan saya. Tips Ini hanya dari pengalamanku yang berusaha saya berikan kepada teman-teman semua.

Dalam tips ini saya persempit hanya dalam pemberian pakan dan vitamin dari burung akan dikawinkan sampai menetas dan meloloh anakannya.

1. Faktor Pakan Saat kenari dikawinkan/dijodohkan

Factor pakan pada saat kenari akan dikawinkan atau dijodohkan juga akan berpengaruh terhadap keberhasilan ternak. Pakan yang bagus tentunya pakan yang berkualitas dan mengandung banyak protein tinggi sebagai pemacu birahi pada kenari sehingga birahi bisa maksimal yang kemudian menghasilan banyak telor dan yang diharapkan bisa isi/vertil. Pakan yang biasa kami pakai untuk tahap ini adalah telor puyuh dan pakan bijian yang sudah kita campur dengan minyak gandum yang fungsinya untuk memenuhi kebutuhan protein. Disamping itu kita juga akan memberikan bijian tambahan lain berupa blueseed sebagai menu khusus untuk betina biar telor yang diharapkan banyak yang isi. Tambahan sedikit biasanya minuman akan kita kasih Calvit yang berisi calcium dan vitamin yang berfungsi sebagai penguat telor dan menambah kesuburan betina dan jantan saat terjadinya perkawinan

2. Faktor Pakan saat kenari mulai Bertelor

Pada saat bertelor pada dasarnya sama dengan pada saat kenari dijodohkan, Cuma ada yang membedakan pertama adalah extra fooding berupa telor rebus dan sayuran jangan sampai ketinggalan.  Untuk  membentuk kerabang telor biar tidak mudah pecah kuncinya ada di pemberian asinan berupa tulang sotong atau pasir halus yang disediakan pada saat kenari akan bertelor. Jangan lupa sayuran segar harus tetap diberikan setiap hari. Coba perhatikan jika asinan tidak diberikan, kenari akan makan kerabang telor puyuh sebagai pengganti dari asinan dan sebenarnya itu  belum cukup untuk memenuhi kebutuhan calcium pembentuk kerabang telor. Dalam tahap ini biasanya saya memberikan tambahan calvit untuk memenuhi kebutuhan calsiumnya.

3. Pakan Pada Saat kenari Mengeram.

Pada tahap ini biasanya sebagian orang menganggap kalo masa mengeram tidak perlu diberikan pakan tambahan hanya biji2an saja, apa yang terjadi? Biasanya indukan betina akan terlihat loyo dan lemes dan kadang2 kalo betina yang malas makan akan kurus karena kekurangan energy dan vitaminnya. Dalam tahap ini pakan sebagai sumber energy tetap diberikan yang bagus, telor rebus  tetap diberikan maksimal 2 hari sekali untuk pakan tambahan dan sayuran tetap diberikan sebagai tambahan mineral alaminya.  Dengan demikian burung akan tetap sehat jika pakan yang berkualitas diberikan, karena masa mengeram juga membutuhkan energy yang banyak yang terkadang tidak disadari oleh peternak.

4. Masa menetas dan meloloh

Pada masa ini adalah masa yang paling rentan terutama pada saat usia anakan 1 sd 5 hari; yang pertama harus diperhatikan adalah pemberian pakan lunak yaitu telor rebus, sayuran segar dan cede putih atau kita menyebutnya cede organic tidak boleh ketinggalan diberikan setiap harinya. Dan khusus untuk masa 1sd 5 hari biasanya saya akan menyalakan lampu pijar 5 watt sebagai penghangat dan penerang disaat malam hari karena yang saya perhatikan indukan akan memberikan makanan kepada anakannya tiap jam untuk itu pemakaian lampu laiknya diberikan.

Masa 5 sd 15 hari kebutuhan akan pakan akan bertambah terutama telor rebus dan sayuran segar akan cepat habis jika anakan yang menetas lebih dari 2 ekor, pada masa ini jika ingin mendapatkan anakan yang bongsor, telor rebus dan sayuran harus diperhatikan jangan sampai kehabisan jika habis segera tambahkan yang baru lagi. Pakan cede putih saya rekomendasikan karena setelah saya perhatikan pakan ini lebih disukai oleh indukan betina pada saat anakan lebih 10 hari dan hasilnya anakanya lebih sehat dan lebih cepat besar dan gemuk-gemuk tentunya senang kan jika anakannya sehat2 dan gemuk. Berikan pakan tambahan ini sampai anakan berumur 30 hari dan bandingkan indukan dan anakan yang diberikan pakan yang berkualitas dibandingkan dengan pakan biasa2 saja tentu hasilnya juga kurang berbeda kan?

5. Masa lepas sapih anakan dan istirahat indukannya

Biasanya pada masa ini anakan yang menginjak umur 30 hari anakan sudah bisa belajar terbang dan belajar mematuk makanan lunak seperti telor rebus dan sayuran. Jika demikian mulai kita pisahkan anakan dari indukannya. Makanan untuk anakannya harus tetap diberikan berupa telor rebus dan biji-bijian dan jangan lupa sayuran segar. Indukan segera istirahatkan dimandikan dan dijemur agar segera pulih kembali kesehatannya, istirahatkan maksimal 1 minggu agar full sehatnya dan jangan lupa tetap berikan makanan dan vitamin yang bagus untuk meningkatkan staminanya. Sambil menunggu masa istirahat kita siapkan kandang dibersihkan, kotak sarang dibersihkan cuci hama dan serabut diganti yang baru.  Dan siapkan   jagoan jantan yang mantap dan bagus untuk dipakai sebagai pejantan yang kelak akan menurunkan sifat2 kepada anakannya.

Tips ini hanya pengalama dari saya pribadi, tiap peternak masing2 punya cara sendiri untuk cara beternaknya, jadi  tips ini bisa dipakai bisa tidak jika dianggap bagus bisa jadi pertimbangan jika dianggap kurang berkenan mohon abaikan. Tulisan  ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi dan semoga bermanfaat bagi yang membacanya. Mohon koreksi dan berikan masukan jika ada yang salah.

—–=== ooo0)(Yoshua Canary Bird Farm)(0ooo===—–

Sumber

Arif, Trisakti Bird Farm

About these ads

13 pemikiran pada “Sedikit Tips Untuk Ternak kenari

  1. terima kasih untuk berkenan berbagi pengalaman om yos… pengalaman om yos sangat membantu untuk pemula seperti saya yang belum mampu menghasilkan anakan2 kenari yang diinginkan.

  2. salam knal om sya mondhol di jogja..saya mau tanya saya punya pejantan kanari holand&turunan f1,yg holand skitar umur 2tahun&turunan F1 skitar 1,5thun. sya beli betina holand umur 8bln,yg ingin sya tanyakan; apakah perbedaan umur yg tll jauh berpengaruh dlm proses penjodohan\perkawinan?msalahnya susah jodohnya>trus yg kdua betina klo dilihat di skitar perut bulu dah hampir bersih tp msih ada skitar 3-5 bulu halus,apakah betinanya masih blm siap kawin? maaf klo tanyany kpanjangan krn sya baru benar2 pemula,sebelumny trimakasih….salam cicicuit

    • Om Mondhol…sebenarnya utk usia tdk begitu berpengaruh, asal keduanya dalam kondisi yang prima dan siap kawin, saya pernah mengawinkan kl secara galu itu sdh simbahnya, nyatanya bisa produksi dengan baik. prose perjodohan memerlukan kesabaran om, semua butuh proses. semoga sukses ternaknya. salam.

  3. trimakasih om yos atas jawabanny,sukses buat om yos…….

  4. tanya om: minyak gandum itu belinya dimana?

  5. om untuk ukuran kandang brp x brp ?

  6. cede putih itu sawi ya pak?????

  7. om gimana nih kok kenari saya gak menetas udah 3minggu tapi masih di erami
    gimana nih om tuh telor bakalan menetas gak

    • Om Rizki…wah kalau sdh 3 minggu bisa dipastikan itu telor tdk menetas Om, di coba kawin ulang saja Om..rekondisi dulu, sampai birahi lagi baru dikawinkan lagi, semoga berhasil Om.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s