Jenis kenari

Norwich

Burung kenari ini mempunyai sejarah sendiri. Penenun – penenun bangsa Flam yang memelihara burung ini pernah melarikan diri ke Inggris, untuk menghindari pembantaian bangsa Spanyol. Mereka tinggal di wilayah Norwich di Norflok (Inggris). Mereka inilah yang menjaga kelestarian burung ini. Burung kenari norwich dewasa ini merupakan burung kenari yang menanik. Burung ini mempunyai kelompok bulu yang tebal dan mempunyai bentuk yang serba “bulat”. Dengan dada bidang, punggung pendek lebar, sayap pendek dan ekor pendek, serta paruh juga pendek. Banyak dan burung ini yang memiliki warna hijau yang menarik Sekali. Burung ini jarang yang berwarna putih. Panjangnya antara 15—16 cm.

Yorkshire

Burung kenari ini merupakan hasil persilangan burung kenari lancashire dan burung kenari belgia. Bentuk burung ini terkadang digambarkan seperti wortel yang terbalik. Burung ini selalu berdiri tegak, dengan kaki panjang. Dengan keadaan seperti itulah para juri menilai keindahan burung kenari ini. Panjang burung ini kira-kira 16 cm.

Cinnamon

Burung Cinnamon dewasa ini mempunyai kesamaan dengan kenari Norwich dan tergolong burung yang menarik.Mereka inilah yang menjaga kelestarian burung ini. Burung ini mempunyai kelompok bulu yang tebal dan mempunyai bentuk yang serba “bulat”. Dengan dada bidang, punggung pendek lebar, sayap pendek dan ekor pendek, serta paruh juga pendek. Burung ini jarang yang berwarna putih. Panjangnya antara 15—16 cm.

Border

Burung kenari border merupakan burung kenari yang paling populer. Burung ini berasal dari jenis cumberland fancy, dan bersumber dari negara perbatasan (border) antara lnggris dan Skotlandia. Burung ini berbentuk serba    “bulat” dilihat dan sudut mana saja.

Gloster

Burung ini tergolong jenis burung kenari yang dihasilkan dari peternakan akhir-akhir ini. Kenari gloster tergolong lebih kecil, dengan panjang badan tak lebih dan 11 cm. Kenari gloster sengaja diternakkan ke arah jenis  yang kecil dan diusahakan  agar  selalu kecil,  sehingga  binatang ini  tidak boleh lebih dan ± 11 cm. Pada kepala burung kenari gloster terdapat jambul, tetapi ada juga yang tidak. Sebagai identitas burung kecil ini banyak menampilkan ciri fisik yang lucu dengan warna yang bervariasi. Pada saat diternakkan burung ini mempunyai naluri berpasangan yang baik, meskipun dapat juga di kawin silangkan dengan jenis lain. Jenis burung ini mempunyai dua versi yaitu yang mempunyai crested yang dikenal sebagai Gloster Corona dan jenis tanpa crested dikenal dengan Gloster Consort. Dalam berpasangan biasanya peternak menggabungkan dua versi ini dengan berbagai pertimbangan mencakup faktor genetika dan keseimbangan dalam bereproduksi.

Fife Fancy

Kenari ini tergolong jenis baru, yang masih muda umurnya baru di pertengahan abad ini Bila melihat gambarnya, burung ini bentuknya sama seperti kenari london fancy, hanya ukurannya kecil, dengan bulu sayap dan ekor berwarna putih. Burung fife fancy ini sebenarnya burung border tetapi ukuran badannya lebih kecil. Disebut demikian karena bentuk secara keseluruhan praktis sama, kecuali perbedaan ukurannya. Ukuran burung ini harus tidak lebih dan 11 cm. Burung ini sangat mudah diternakkan dan dapat memberikan variasi bulu yang sangat luas.

Belgia

Burung ini merupakan salah satu dan jenis burung-burung kenari yang diternakkan sejak dulu. Burung ini merupakan burung yang diambil bentuk dan kedudukannya saja. Kesannya seperti burung cacat, kepalanya kecil seperti kepala ular. Kenari ini sulit diternakkan dan umumnya telurnya ditetaskan dengan memakai burung kenari lain. Kenari ini juga  bisa digolongkan dengan Kenari Scotch Fancy.

Scotch Fancy

Di kalangan penggemar burung di inggris, burung ini di kenal dengan sebutan Bird O Circle, karena formasi dan kepala sampai ke ujung ekor pada waktu dipertandingkan berbentuk setengah lingkaran. Dalam pertandingan ada posisi, gerak, atau bunyi yang harus dipertontonkan oleh burung kenari. Keadaan yang tidak umum ini. ditemukan Secara menonjol di wilayah Skotlandia dan Inggris Utara, Sedang di wilayah selatan burung ini tidak populer. Burung Scotch harus memiliki kepala kecil, lebih bulat sedikit dan kepala burung kenari belgia. Lehernya ramping dan panjang, bahunya terisi penuh namun sempit dan bulat, sayap nya panjang dan menempel kuat ke badan, dan kaki yang panjang kuat terbentang dengan baik.

Chrest

Kenari Crest Kenari ini tergolong jenis yang tua dan burung kenari, sebab sudah ada di sekitar tahun 1950-an. Mula-mula di kenal dengan nama Turn crown, dan pada permulaan abad ini dikenal sebagai King of the fancy (Raja Fantasi). Mahkota burung ini haruslah besar dan mengembang dan tengah tengah kepala dan mengembang ke depan sampai ke  paruh nya hampir sejajar dengan matanya sehingga mata hampir tertutup. Mahkota ini juga mengembang ke arah belakang kepala. Mahkota ini harus memiliki bentuk yang baik, luas dan tebal dengan bulu-bulu yang lebat dan lembut. Kenari mahkota adalah burung yang besar dan harus memiliki kepala yang besar, leher yang besar pendek dan badan bidang, sama seperti kenari norwich. Ternyata jenis crest ini ada yang mempunyai mahkota, tetapi ada pula yang memiliki kepala yang polos tanpa mahkota.

Roller

Telah disebutkan sebelumnya tentang burung kenari roller ini, yang tergolong merajai jenis burung kenari yang berkicau. Burung ini keturunan burung kenari jerman yang diternakkan secara besar-besaran di wilayah Pegunungan Hartz. di pegunungan ini kira-klra 400 keluarga berkecimpung mengembang biakkan kenari dan melatihnya. di kota inilah kenari bisa pada jaman pertengahan di kembangkan menjadi kenari Hartz Roller yang unik dengan irama nyanyian yang luar bisa.  Karakteristik khusus kenari ini adalah  menyanyi dengan paruh hampir tertutup, dimana akan menghasilkan suara dengan frekuensi rendah dan lebih jernih di banding dengan burung lain. Kenari ini diperkirakan hidup sampai sekitar 10 tahun, mempunyai panjang 12 – 12,5 cm, berbagai macam warna tetapi kebanyakan berwarna hijau, kuning dan campuran keduanya, Kenari Hartz Roller dikembang biakkan bukan karena ukuran, warna atau bulunya tetapi khusus dijadikan sebagai kenari penyanyi.

Frill

Kenari ini dikenal sebagai kenari belanda di abad ke 18, tetapi kemudian muncul berbagai jenis yang menyebar ke berbagai negara, Belanda, Italia, Paris, sedang pihak Jepang telah menghasilkan jenis yang kecil. Umumnya jenis frill ini tergolong sebagai burung yang besar, sebab panjangnya dapat lebih dan 20 cm. Ada tiga bagian yang disebut mantle, jabot, dan fin. Mantle (las) adalah bulu-bulu bagian punggung yang membelah di punggung dan jatuh. Jabot adalah bulu di dada yang berombak dan menggulung ke dalam. Jabot ini harus datang dan tiap sisi dada untuk membentuk suatu kerutan yang bertemu di bagian tengah bagaikan suatu bentuk kerang yang menutup. Sedang fin adalah bulu-bulu yang panjang, benar-benar berjumbai yang datang dan paha dan bergerak ke atas sekeliling sayap. Kenari frill yang indah dapat menjadi burung yang sangat indah, tetapi kenari yang buruk akan menjadi burung yang memberi kesan ganjil dan aneh karena bentuknya itu. Burung-burung ini tergolong sebagai burung ternak yang baik.

2 thoughts on “Jenis kenari

  1. terima kasih atas kesempatan visited to your blog

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s