Tips Ringan Memilih Kenari kontes

Tips Ringan Memilih Kenari untuk Kontes
Kadang kita memelihara burung kenari dirumah hanya untuk didengar suara merdunya atau sambil melihat corak warna yang indah. Pernahkah terlintas dibenak kita, pada suatu saat kenari kita tsb dapat diturunkan dalam arena kontes?
Kadang ada pendapat yang mengatakan kalo kita ingin main burung dikontes, carilah burung di arena kontes pula. Itu benar, dan sayapun setuju, tapi yang perlu diingat harga burung dikontes pasti mahal-mahal. Bagaimana dengan kita yang belum sanggup untuk mengeluarkan biaya yang mahal, tapi sudah ingin turun kontes? terutama untuk kelas kenari.
Berikut tips2 ringan yang mungkin bisa membantu kita dengan modal yang terbatas tapi bisa mendapatkan kenari yang cukup andal dikontes:
1. Pilihlah Kenari Jantan (sdh berbunyi). Hal ini mutlak, dan tidak bisa diganggu gugat.
2. Perhatikan postur tubuh, tidak cacat, lincah, warna yang indah (kalo tidak ada, tidak apa2). Dan yang perlu diingat, kenari tidak boleh kegemukan, jika gemuk ia akan malas berbunyi.
3. Simaklah bunyi kenari tsb. Apakah lagunya bagus? Panjang? Nyaring (tebal)?
Lagu: kalo kita belum terbiasa mendengarkan lagu kenari yang bagus, kita harus sering2 mendengarkan kenari rekan2 kita yang sdh juara dikontes (sebagai perbandingan). Kalo tidak ada pembanding, kita dengarkan saja dengan perasaan, apakah kita merasa terhibur dengan lagu yang didendangkan olh kenari tsb atau tidak .
Panjang: Lagu yang dilantunkan haruslah panjang, bervariasi, tidak dengan tiba2 putus ditengah lagu (harus ada ujung akhiran lagu yang enak)
Nyaring: Agak sulit mendengarkan suara kenari yang nyaring, jika tidak ada pembanding. Jika kenari yang akan dibeli bisa dipinjam/dites terlebih dahulu, maka sekali lagi bandingkanlah dengan kenari kontes rekan2 kita. Jika tidak bisa, coba perhatikanlah leher kenari yang akan dibeli saat berbunyi, apakah pada bagian lehernya akan menonjol kedepan. Jika ya, biasanya volume suaranya nyaring.
4. Perhatikan gaya kenari tsb saat bernyanyi.
Gaya: gaya yang baik jika saat bernyanyi kenari tsb menurunkan kedua sayapnya, bisa juga direntangkan, dan berjalan kekanan dan kekiri. Kadang ada kenari yang akan mengeluarkan gaya tersebut jika melihat kenari jantan yang lain. Oleh karena itu, kita perlu tes dengan kenari jantan lain.
5. Lihat apakah selama berbunyi kenari tsb ngotot.
Ngotot: Biasanya kenari yang ngotot akan ikut berbunyi jika ada kenari jantan lain yang dilihatnya berbunyi. Jadi mereka akan saling bersahut2an/tidak mau kalah dalam berbunyi. Ada tips yang cukup terbukti utk melihat ke-ngotot-an seekor kenari. Coba bawalah/tes telebih dahulu kenari tsb dengan kenari rekan2 kita yang sudah juara, apabila saat dites kenari kita terlihat ngotot dengan kepunyaan rekan kita tsb, maka kenari kita tsb sdh bisa dibilang ngotot.
6. Harus mempunyai mental lapangan yang bagus.
Ini bagian yang tersulit dalam memilih kenari. Terkadang ada kenari yang sdh memenuhi syarat2 tsb diatas, tetapi tidak mempunyai mental lapangan. Sehingga saat di arena kontes kenari tsb tidak bekerja/berbunyi sesuai harapan.
Hal inilah yang melatari perkataan saya, mengapa saya setuju dengan anggapan untuk membeli kenari kontes harus diarena kontes, karena kita disana sdh bisa melihat mental lapangan seekor kenari.
Namun mental lapangan bisa dibina al dengan cara:
 Mengantungkan kenari kita ditempat yang sering dilewati orang dan kendaraan serta berisik. Seperti dipinggir jalan depan rumah.
 Sesering mungkin membawanya untuk berjalan-jalan jauh. Bisa saat latber atau ngetes dengan temen2 yang rumahnya jauh.
 Buatkanlah kandang umbaran, untuk stamina yang fit bagi burung.

Mungkin inilah tips2 yang bisa saya berikan kepada rekan2 sesama pecinta kenari, khususnya yang baru ingin bermain kenari. Mengapa saya beranikan menulis ini? Karena…..,saya dulu sering ketipu saat memilih kenari.
Tapi ingat, ini adalah dasar2 dalam memilih burung kenari kontes. Jadi, burung tidak akan langsung menjadi juara walaupun telah mengikuti tips ini. Perlu perawatan yang rutin yang sesuai dengan karakter burung kita.
Saya juga mohon rekan2 kiranya dapat memberikan masukan dan tanggapan atas kekurangan tulisan ini, saya tunggu masukan dan tanggapannya……(pga 6/04/06)

sumber http://www.kicaumania.org user : novian

14 pemikiran pada “Tips Ringan Memilih Kenari kontes

  1. Oke Mas Totok,kapan2 aku mau ambil dagangan Mas Totok,tapi Aku minta korting Lho Mas!

  2. Salam cuit..cuit..
    Bang Ali.tak tunggu dirumah

  3. salam cuit..cuit..ciw..ciw..ciww
    mas aku kalau mau beli kenari yang siap dikontes berapaan mas?
    dan kalau aku membelinya dari mas bisa nda? aku di jakarta selatan
    dan untuk kenari (biasa/lokal) sepasang punya nda mas? aku mau coba budidaya nih mas
    matursuwun yo mas

    • Mas Andris, sbnrnya utk siap kontes dirumah ada banyak, dan kebetulan rata – rata kenari lokal, untuk mslh harga tergantung kwalitas dan warna, yg mjd kendala yaitu untuk pengiriman luar daerah, misal jakarta saya belum bisa, smg bisa dimengerti, mksh.

  4. Mohon maaf saya sebelumnya jika ada yang tersinggung, khususnya pada blog ini. Pak Totok saya yakin tip pak Totok ini benar, tetapi di lapangan untuk menjadi Juara itu khan penuh permainan. Begini pak mudah-mudahan saya salah, karena kami ada kecurigaan meskipun burung kenari itu suara mungkin masuk kriteria Juara, tapi pada kenyataan orang berani bermain dengan Juri (anggaplah ini melakukan kolusi dengan Juri) maka burung akan menjadi Juara, dan setelah itu harga burung yang juara tadi harganya menjadi sangat mahal. Jadi apa yang telah dikorbankan oleh pemiliknya akan dibayar setelah burung dijual dengan harga yang sangat mahal. Apakah Bapak juga mengerti akan hal ini. Cerita ini hanya dugaan saya lho pak

    • Pak Santos..saya jg pernah mendengar keluhan dari teman dilapangan, tp bagi saya..juara bukanlah penting, yg penting rasa puas kita dengan burung gacoan kita yg kerjanya maksimal. untuk mslh harga mgkn pembeli akan memilih, apakah mahal karena kwalitas atau mahal karena juara hasil kolusi, begitu pak Santos.

  5. okay, mas totok, bagi saya juga sperti pendapat mas Totok, apapun itu burungnya dan kami anggap itu bagus ini adalah kepuasan pribadi.

  6. ya untuk mas santos pendapatnya ada benarnya, soalnya saya pernah ikut kontes di Gianyar (Bali) menurunkan kenari merah invory umur 6 bln.. dilapangan main sampai bendera hitam(kecil) yang terakhir.. tapi saat penentuan bendera besar A,B,C tidak dapat dikarenakan sangkar yang saya gunakan hanya sangkar harian seharga Rp.30.000,-. Nah dari sini saya ambil kesimpulan yang penting kita tau kwalitas burung kenari kita, tidak perlu jadi juara :p

  7. pak…
    untuk ys german biasanya pasaran harganya berapa yaa..
    untuk kontes yg siap tarung apakah kriteria F1 bisa..
    mohon pencerahan karena msaih pemula pak

  8. Om mau nanya ? Klo kenari sudah bertelor, pejantan harus dipisah pa ndak, soalnya pejantan biasanya gantian mengerami sama ngasih makan ke betinanya. makasih

  9. Wah2 luar biasa semakin ingin tau semakin menarik dunia kenari N semakin ingin byk tau

  10. apakah dalam penilaian ada kolusi atau tidak ? terus kritweria penilaiannya bagaimana ? penentunya apa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s