AWAS MASUK ANGIN PADA KENARI

Kenari yang bertubuh mungil,termasuk burung yang mudah terserang penyakit seperti masuk angin. Apalagi dalam kondisi sedang diternak, indukan akan mudah terserang penyakit jika nutrisi yang dibutuhkan kurang dari cukup.

Untuk menjaga agar kenari tetap sehat, ada dua hal penting yang musti diperhatikan yakni masalah pakan dan lingkungan. Kenari yang sedang diternak sebaiknya selalu didalam ruangan dan tidak dipindah – pindah. Ditambahkan, kenari yang sedang diternak tidak harus dijemur apalagi kalau sedang mengerami telurnya yang justru akan mengganggu penetasan. Yang dibutuhkan ruangan dalam kondisi terang dan tidak perlu dikerodong.

Penjemuran sebaiknya dilakukan di masa – masa istirahat untuk melancarkan metabolism tubuh indukan. Nyamuk sesungguhnya tidak akan menggigit kenari, karena kenari punya insting untuk menutupi tubuhnya ketika tidur. Kaki bengkak atau bubul pada kenari tidak semata – mata karena gigitan nyamuk tetapi bisa akibat alas sangkar yang tidak bersih. Kotoran yang berhari – hari menumpuk akan mudah ditumbuhi jamur yang bisa menempel di kaki kenari. Jika kenari sudah bubul, sebaiknya segera diobati. Salah satu cara untuk menyembuhkan bubul kaki yang diakibatkan oleh jamur dengan menggunakan minyak tanah. Caranya, kedua kaki kenari dicelupkan pada minyak tanah kira – kira satu menit. Setelah diangkat, secara pelan bubul – bubul tersebut dilepas hati – hati agar tidak merusak kaki yang sehat. Begitu dilanjutkan setiap dua hari selama satu minggu.

Setelah bubul tuntas dibersihkan, baru diolesi salep kutu air untuk manusia. Namun yang lebih penting adalah pencegahan mesti terus dilakukan setiapbeberapa hari dengan mengolesi salep dan selalu sangkar dalam kondisi bersih dan higienis. Selain lingkungan yang nyaman, pola pakan kenari juga musti diperhatikan.

Komposisi lengkap biji – bijian dibutuhkan indukan sehingga bisa berproduksi lebih lama. Kalau pakannya kurang memenuhi standart maka stamina indukan akan cepat merosot dan bisa mengalami kemandulan. Pada waktu mengerami telurnya, pakan cukup biji – bijian takaran lengkap ditambah sayuran kalau ada. Kalau telur sudah menetas, porsi pakan ditambah dengan telur plus sayuran sebagai pakan untuk menyuapi piyikan. Jika ada tambahkan susu bubuk juga bagus. Dengan komposisi yang lengkap, ditambah lingkungan yang nyaman kenari akan terus berproduksi.

Semoga Bermanfaat…

3 pemikiran pada “AWAS MASUK ANGIN PADA KENARI

  1. supaya burung nggak pernah masuk angin lagi gimana Mas?

  2. trim’s om…MANTAB infonya…Sukses sllu om..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s